Polresta Malang Kota Peringati HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 dengan Khidmat

KOTA MALANG – Polresta Malang Kota peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 dengan menggelar tasyakuran yang sederhana namun penuh makna di Ballroom Sanika Satyawada, (Kamis, 26/09).

HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 dihadiri oleh jajaran internal Polresta, anggota Satlantas, mitra kerja Satlantas, serta sejumlah tamu undangan dari berbagai instansi terkait.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto, atau yang akrab disapa BuHer ini menyampaikan bahwa peringatan HUT Lalu Lintas kali ini dikemas secara sederhana, namun tetap penuh khidmat.

“Meskipun sederhana, acara ini tidak mengurangi makna peringatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69. Kita ingin memperkuat kebersamaan dan mempererat hubungan antara Polri, mitra kerja, serta masyarakat,” ujar Kombes Pol BuHer dalam sambutannya.

Tasyakuran ini digelar secara serentak oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri di seluruh Indonesia, dan dipusatkan di The Tribrata, Jakarta, melalui siaran virtual.

Rangkaian tasyakuran selain doa bersama menjadi pembuka acara syukuran, dilanjutkan dengan prosesi pemotongan nasi tumpeng oleh Kombes Pol BuHer.

Nasi tumpeng tersebut diserahkan kepada mitra kerja Satlantas Polresta Malang Kota, di antaranya Supeltas (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas) yang selama ini turut berperan aktif membantu kelancaran arus lalu lintas di Kota Malang.

“Supeltas adalah mitra penting bagi kami, mereka telah banyak membantu pengaturan lalu lintas dan memberikan kontribusi nyata untuk ketertiban di jalan raya” tegasnya.

“Pada kesempatan ini, kami memberikan apresiasi dan tali asih kepada mereka sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi mereka,” ungkap Kombes Pol BuHer.

Selain Supeltas, paket tali asih dan bingkisan juga diberikan oleh Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Fitria Wijayanti, kepada sejumlah penyandang disabilitas yang hadir dalam acara tersebut, ini menunjukkan kepedulian Polri terhadap seluruh elemen masyarakat, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Dalam kesempatan tersebut, Kombes Pol BuHer juga memberikan apresiasi terhadap kinerja seluruh personel Satlantas Polresta Malang Kota, terutama di bawah kepemimpinan Kasatlantas yang baru, Kompol Fitria Wijayanti.

“Hari Lalu Lintas Bhayangkara ini menjadi momen penting bagi kita untuk merefleksikan kembali tanggung jawab besar yang kita emban.”

Ia berharap momentum HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-69 ini menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran untuk terus meningkatkan pelayanan, mengutamakan keselamatan berlalu lintas, dan menciptakan jalan raya yang lebih aman bagi masyarakat.

“Saya berharap seluruh anggota Satlantas terus meningkatkan komitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Dengan kehadiran Kasatlantas yang baru, saya optimis kinerja kita akan semakin baik,” tambahnya.

Acara peringatan ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting dari berbagai instansi, seperti Kepala Jasa Raharja Kota Malang, Kepala UPT Pengelolaan Pendapatan Daerah Malang Kota, perwakilan BPJS, Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Malang, serta relawan dari komunitas Es Teh Anget dan RJT

Kehadiran mereka menandakan sinergi yang kuat antara Polri dengan berbagai pihak dalam menjaga ketertiban dan keselamatan berlalu lintas di Kota Malang.

Dengan acara tasyakuran ini, Polresta Malang Kota berharap dapat terus membangun kerja sama yang harmonis dengan berbagai pihak, serta memperkuat komitmen dalam mencegah kecelakaan, fatalitas kecelakaan dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas demi kebaikan bersama.