Polda Jatim Siagakan 1.284 Personel Amankan Debat Pilgub di Pilkada 2024

SURABAYA – Polda Jatim siagakan 1.284 personel untuk pengamanan debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, di Graha Unesa, Lidah Wetan Surabaya, Jumat (18/10/2024).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan, pengamanan oleh Polda Jatim dilakukan secara terbuka dan tertutup.

“Ada 1.284 personel yang sudah kita siapkan untuk pengamanan debat perdana cagub cawagub secara terbuka dan tertutup,” ujar Kombes Dirmanto, Jumat (18/10).

Sementara itu Kaopsdal Mantap Praja Semeru 2024, Kombes Pol Budi Karyono menjelaskan, 1.284 personel akan dibagi menjadi empat ring.

Untuk ring satu dipimpin Wadirintel, ring dua Kasubdit Pamovit, Ring tiga Wadir Samapta dan ring luar Wadirlantas.

Kombes Pol Budi Karyono juga menerangkan pengamanan ini untuk mengantisipasi banyaknya pendukung dari masing masing paslon, agar debat berjalan lancar, aman dan kondusif.

“Personel kami siagakan untuk menjamin kegiatan debat cagub cawagub ini berjalan lancar, aman dan kondusif,” kata Kombes Pol Budi Karyono.

Ditambahkan oleh Kombes Pol Budi Karyono, Polda Jatim akan membatasi pendukung yang akan masuk ke venue debat di Graha Unesa, Surabaya.

“Jadi untuk masing masing pendukung Paslon jika tidak bisa masuk ke venue debat, nantinya diluar venue akan disiapkan layar besar sehingga pendukung juga bisa menyaksikan secara langsung,” jelasnya.

Sementara itu untuk arus lalu lintas di kawasan Kampus Unesa, Lidah Wetan, Surabaya, nantinya juga disiapkan kantong kantong parkir bagi pendukung paslon.

“Masyarakat dihimbau menggunakan akses jalan lain dan bersabar jika melintas dikawasan Graha Unesa,” tutup Kombes Pol Budi Karyono.