Polresta Malang Kota Tindak Cepat Laporan Warga: SPKT dan Polsek Klojen Bubarkan Pemuda Mabuk Dekat Sekolah
KOTA MALANG – Komitmen Polresta Malang Kota dalam menjaga kondusivitas wilayah kembali dibuktikan melalui respons cepat jajaran Operator Layanan Polri 110 (Malang Command Center/MCC) dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) terhadap laporan masyarakat.
Pada Selasa (07/10) sekitar pukul 15.52 WIB, Operator Layanan Cepat Polri 110 di Gedung Wira Pratama Polresta Malang Kota menerima laporan masyarakat adanya sekelompok pemuda minum-minuman keras di Jl Dr Cipto, tepat di samping SMPN 3 Kota Malang membuat para pelajar takut melintas ketika pulang sekolah.
Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala SPKT Polresta Malang Kota, Ipda Hatta, segera memerintahkan Aiptu Basroni bersama petugas Piket 14.1 Polsek Klojen, Bripka Yossy, untuk mendatangi lokasi sesuai dengan pengaduan.
“Setelah menerima laporan pada pukul 15.52 WIB, petugas call center langsung berkoordinasi dengan petugas piket SPKT dan unit patroli 14.1 Polsek Klojen” ujar Ipda Hatta.
Setibanya dilokasi petugas mendapati beberapa pemuda yang mengonsumsi minuman keras di area publik yang berdekatan dengan lingkungan sekolah.
Selain menertibkan para pelaku, polisi juga memberikan imbauan tegas agar tidak mengulangi perbuatannya, selain menyita seluruh botol minuman keras sebagai barang bukti dan memberikan sanksi fisik ringan berupa push-up serta scotjump untuk memberikan efek jera.
“Kami berikan pembinaan agar mereka memahami dampak dari perbuatannya, terutama karena di area publik dan dekat dengan sekolah. Pesan kami jelas: jangan mengulangi perbuatan yang dapat mengganggu kenyamanan dan ketertiban masyarakat,” tegas Aiptu Basroni di lokasi kejadian.
Selain penindakan di tempat, petugas juga menekankan pentingnya kesadaran masyarakat, khususnya kalangan muda, untuk menjauhi minuman keras dan menjaga ketertiban di ruang publik.
Pendekatan edukatif dilakukan sejalan dengan komitmen Polresta Malang Kota memperkuat sinergi dan soliditas antara aparat kepolisian dan masyarakat demi terciptanya suasana kota yang aman dan nyaman.
Respon cepat menindak lanjuti laporan masyarakat, menjadi cermin komitmen dan konsistensi SPKT serta Operator MCC 110 Polresta Malang Kota dalam memberikan pelayanan prima.
“Setiap laporan masyarakat menjadi prioritas kami. Kami ingin masyarakat merasa aman, terlindungi, dan percaya bahwa setiap aduan akan segera ditindaklanjuti,” pungkas Ipda Hatta.
Kepedulian dengan pendekatan humanis, preventif, dan edukatif Polresta Malang Kota dalam membangun kesadaran publik dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.